Selasa, 19 Maret 2019

Benarkah Kafein Memicu Darah Tinggi Sampai Penyakit Jantung?

Kopi bukanlah hal yang aneh untuk didengar dan tak jarang ditemui. Bahkan Kopi sudah menjadi jamuan rutin khususnya bagi orang tua dan remaja. Sudah tahu kah kalian jika kopi tidak hanya memberikan efek negatif bagi kesehatan. Kandungan kafein ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tapi bukan berarti setelah ini langsung mencoba ya dengan alasan kesehatan. Tetap perhatikan diet makanan sehat dan seimbang, olahraga, pola hidup sehat untuk mencapai kesehatan maksimal.

Kafein disebut-sebut sebagai salah satu penyebab tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Lantas apakah benar efek samping kafein dapat memicu hipertensi dan penyakit jantung? cari tahu jawabannya disini...

Hipertensi adalah dimana seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi atau diatas 140/90 mmHg yang terjadi secara terus menerus.
Untuk mempercepat penyembuhan ada beberapa makanan yang harus dihindari. Salah satunya kopi, mengapa ?

Stimulan adalah zat yang meningkatkan aktivitas pada sistem syaraf pusat, yang membuat anda merasa lebih sadar, fokus dan waspada. Namun, peningkatan aktivitas ini juga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang mungkin meningkatkan tekanan darah dan mengubah suplai darah ke jantung.

Karena kafein adalah stimulan, diduga ada hubungan antara kopi dan tekanan darah tinggi. Kafein sendiri merupakan stimulan ringan, dan memiliki pengaruh jangka pendek dalam tubuh.

Menurut peneliti yang dipresentasikan pada acara kesehatan tahunan european society of cardiology bahwa "kadar kafein yang tinggi didalam kopi bisa membuat tekanan darah seseorang yang mempunyai penyakit hipertensi meningkat 3-4 kali. Karena saat kafein masuk ke aliran darah, hormon adrenalin yang membuat anda slalu terjaga akan meningkat. Sehingga tekanan darah anda akan terpengaruh dan semakin meningkat." 

Apakah kafein baik untuk kesehatan ?
Minuman gelap ini kaya akan polifenol, yang melindungi diri dari beberapa jenis kanker. Penelitian terkini secara konsisten menunjukan penurunan resiko kanker hati pada pria yang meminum kopi.

Polifenol pada kopi dan teh menurunkan tingkat aktif platelet dalam darah, yang membantu mencegah gumpalan darah. Polifenol juga dapat merendahkan konsentrasi protein C-reaktif tubuh, faktor penting pada peradangan.

Walaupun kopi dan teh mengandung banyak polifenol, jenis polifenol lain bisa ditemukan dalam makanan yang lain seperti : Anggur, apel, cokelat (cokelat hitam atau dark chocolate dengan lebih dari 80 persen kakao).

Meski bukti ilmiah menunjukan bahwa minum teh atau kopi tidak berakibat buruk bagi kesehatan, bukan berarti anda harus mulai minum kopi atau teh demi alasan kesehatan. Diet seimbang kaya akan buah dan sayuran juga merupakan sumber baik untuk polifenol.

Thanks to STIKes ICsada

1 komentar:

  1. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Gunakan Komentar Dengan Bijak