Senin, 18 Maret 2019

Meski Dihindari Ini 5 Peran Penting Kolesterol Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


Kolesterol memiliki reputasi yang buruk di masyarakat. Kadar kolesterol tinggi sudah lama dikaitkan dengan penyakit jantung koroner, serangan jantung, atau stroke. Namun meski ditakutkan, ada banyak manfaat kolesterol bagi tubuh tentunya jika kadar kolesterol Anda dijaga tetap dalam ambang normal.

Apa aja 5 peran penting tersebut? yuk cek disini :

Pelindung sel
Manfaat utama kolesterol bagi tubuh manusia adalah sebagai bahan dasar pembentuk struktur membran (dinding) setiap sel tubuh dalam kadar yang normal, kolesterol bermanfaat untuk pertumbuhan, serta memperbaiki setiap kerusakan pada sel tubuh.

Membantu memproduksi vitamin D
Selain dari sumber makanan, tubuh anda bisa memproduksi vitamin D secara otomatis ketika terpapar sinar matahari. Caranya adalah dengan mengubah kolesterol (7-dehidrokolesterol) yang ada dalam kulit menjadi calcitriol. Senyawa ini kemudian langsung disalurkan ke hati dan ginjal untuk menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pembentukan hormon
Kolesterol berperan dalam pembentukan hormon kortisol dan aldosteron yang berperan penting dalam pengaturan tekanan darah, merespon stres dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Sedangkan oleh ovarium, digunakan untuk membentuk hormon seksual progesteron dan estrogen. Oleh testis, kolesterol digunakan sebagai pembentuk hormon testosteron.

Pembentukan asam empedu
Asam empedu dibentuk oleh hati (liver) dengan bantuan kolesterol dalam darah. Asam empedu itu sendiri berfungsi untuk memecah lemak makanan untuk bisa diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai energi.

Menjaga fungsi otak
Dilansir dari laman Harvard Medical School, 25% kolesterol tubuh terkandung di otak. Dalam otak, kolesterol berperan untuk memperlancar sambungan antar syaraf, disebut sinaps, yang mengatur berbagai fungsi otak terutama untuk mengingat. Fungsi kolesterol lainnya untuk kesehatan otak adalah memelihara sel-sel otak.

1 komentar:

  1. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Gunakan Komentar Dengan Bijak