Sabtu, 16 Maret 2019

PERBANDINGAN KALORI SATU PORSI MIE INSTAN DENGAN SATU PORSI NASI DENGAN BERAT YANG SAMA

BENARKAH KALORI MIE INSTAN LEBIH KECIL DARI PADA NASI ?


Murah, mudah, dan praktis bisa didapatkan di mana saja, membuat mie instan paling digemari semua orang. Apalagi kalau sedang malas makan nasi atau tanggal tua. Bahkan, banyak yang beranggapan sebungkus mie instan dapat mengganti seporsi nasi putih dengan kalori lebih rendah.  tapi benarkah itu ? Coba kita cek disini.

Nasi lebih mengenyangkan dari pada mie, berarti kalori nasi lebih banyak. Benarkah?

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut,satu porsi mie instan 70 gram mengandung 370 kalori. Sedangkan, dengan berat yang sama, nasi putih hanya mengandung 91 kalori. Dengan kata lain, kandungan mie instan memiliki kalori empat kali lebih besar dari pada nasi. Belum lagi, sebagian orang terbiasa makan mie dengan nasi. Kebayangkan berapa kalori yang masuk dalam tubuh?

Beberapa mie instan rendah kalori, begitu juga protein dan seratnya.

Beberapa merek mie instan telah menurunkan kadar kalori hingga 188 kalori per sajian. Dengan begitu, kadar protein dan serat pada semangkuk mie pun juga rendah. padahal, dua zat ini sangat penting peranannya dalam diet. jika dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein lebih banyak dibutuhkan salah satunya berperan untuk meningkatkan sensasi kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Akan terjadi gangguan metabolisme jika terlalu sering dikonsumsi.


Sebuah penelitian pada 2014 menunjukan resiko yang dialami wanita yang melakukan diet dengan mengonsumsi sedikitnya 2 porsi mie instan dalam sepekan. Mereka mengalami peningkatan gangguan metabolisme. Hal ini mengakibatkan banyak lemak dan simpanan energi yang tidak terurai dengan benar dalam tubuh. Dan juga beresiko pada penyumbatan aliran darah, gagal jantung, diabetes dan stroke.


Kandungan sodium mie instan yang tinggi dapat menyebabkan kegemukan.


Sodium tidak secara langsung membuat tubuh menjadi gemuk. Akan tetapi, jika terlalu sering dikonsumsi, akan membuat kita menjadi cepat haus. Dan dalam waktu yang singkat, kita menjadi ingin minum terus untuk menghilangkan rasa kering ditenggorokan setelah makan mie. sebenarnya, minum air putih asalkan sesuai dengan kebutuhan tubuh sangat direkomendasikan. tetapi jika terlalu banyak dalam satu waktu akan menyebabkan retensi air.

Misalkan kita lagi ingin mengonsumsi mie, seperti ini cara mengonsumsinya.
Kalau terdesak dan keinginan makan mie instan tidak terbendung, maka perhatikanlah beberapa makanan pelengkapnya. Tujuannya untuk memenuhi protein dan serat yang dibutuhkan tubuh. Misalkan menambahkan sayuran hijau, ayam, daging atau telur.

Ingat... Kita tidak dianjurkan mengonsumsi mie instan lebih dari satu kali dalam satu minggu.

3 komentar:

  1. Mantapz sekarang aku tau... gud

    BalasHapus
  2. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Gunakan Komentar Dengan Bijak