Jumat, 15 Maret 2019

WASPADA! Perbedaan Nyeri Dada Karena Serangan Jantung dan Heartburn (Maag)

Seorang direktur medis dari Joan H. Tisch Center for Women’s Health di NYU Langone Medical Center di New York, dr. Nieca Goldberg mengatakan bahwa kebanyakan orang sering kali tertukar saat membedakan nyeri dada akibat serangan jantung dan heartburn. Hati-hati, salah menentukan penyakit bisa mengakibatkan salah penanganan yang akhirnya berujung fatal.

Nyeri dada akibat serangan jantung dan heartburn memang cenderung mirip, karena keduanya sama-sama menimbulkan sensasi perih dan tekanan di dada. Akan tetapi, ada ciri khas gejala serangan jantung yang berbeda dengan gejala heartburn. 



* Sekilas Tentang Serangan Jantung




Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung terhambat. Hal ini umumnya disebabkan oleh adanya penyumbatan di arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang membawa oksigen ke otot-otot jantung. Akibatnya, jantung jadi kekurangan oksigen dan memicu rasa sakit.

* Sekilas Tentang Heartburn (Maag)



Heartburn adalah sensasi perih dan panas di dada yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus). Cairan lambung yang sifatnya sangat asam ini dapat mengiritasi lapisan dinding esofagus dan memicu sakit tenggorokan. Banyak orang menyebut kondisi ini sebagai maag.

* Nyeri Dada Serangan Jantung



Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan atau diremas. Nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi dan ulu hati.

* Nyeri Dada Karena Heartburn



Nyeri dada akibat heartburn dapat berlangsung hingga satu jam. Beda dengan gejala serangan jantung, sensasi perih dan panas di dada dapat semakin parah jika anda membungkuk, berbaring atau mengubah posisi yang dapat semakin menaikan asam lambung. Biasanya, gejala ini juga disertai dengan sensai lidah pahit dan perut terasa penuh alias kembung.

Bagaimana Cara Memastikan ?



Untuk memastikan penyebab sakit dada karena serangan jantung atau heartburn, coba lah minum obat maag sebagai langkah awal. Jika nyeri dada berangsur-angsur membaik, maka penyebabnya jelas karena heartburn. Namun, jika gejalanya tak kunjung membaik atau justru disertai dengan sesak napas atau kringat dingin, maka segera temui dokter terdekat.


Thanks to STIKes ICsada

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan Komentar Dengan Bijak